Pengertian Mouse dan Jenis-Jenisnya yang Harus Anda Ketahui

Hanif tekno-Sebelum kita membahas pengertian mouse lebih lanjut, ada baiknya kita membahas sejarah dari mouse terlebih dahulu, mouse pertama kali diciptakan pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart yang ketika itu mouse berbahan dasar dari kayu dan hanya memiliki satu tombol, sedangkan untuk generasi berikutnya mouse sudah terdiri dari 3 tombol.

pengertian mouse dan jenis-jenisnya

Pada umumnya mouse yang paling sering kita jumpai yakni terdapat dua tombol, posisinya berada di sisi kiri dan sisi kanan dilengkapi dengan tombol scroll yang bisa ditekan sebagai tombol ke 3. Cara kerja dari mouse yaitu menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata yang biasa disebut mouse pad.

Mouse yang sering kita jumpai saat ini kebanyakan sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optis sebagai pendeteksi gerakan, tidak hanya itu saja teknologi pada mouse sudah sangat berkembang, ada mouse nirkabel yang berbasis radio, sinar inframerah ataupun bluetooth.

Apa sih pengertian mouse itu ? Mouse adalah perangkat keras yang termasuk di dalam golongan perangkat input, fungsi dari mouse sendiri yakni mengatur pergerakan kursor atau pointer secara cepat, selain itu pula untuk memberikan suatu perintah dengan hanya menekan tombol pada mouse.

Setelah membahas pengertian mouse ayo kita lanjutkan membahas jenis-jenis mouse yang ada saat ini:

1. Mouse Optik

Mouse optik ini menggunakan sumber cahaya untuk mendeteksi pergerakan pada permukaan mouse pad, mouse optic biasanya akan bekerja secara maksimal jika kita gunakan pada permukaan yang datar dan halus.

Mouse ini tidak bisa kita gunakan pada permukaan yang cenderung bergelombang jika dipaksakan maka hasilnya pergerakan kursor atau pointer tidak akan berjalan maksimal.

2. Mouse Trackball

Mouse jenis ini menggunakan bola untuk menggerakan kursor atau pointer pada layar, perbedaan mouse biasa dengan mouse trackball yaitu jika anda ingin menggerakkan kursor atau pointer di layar maka diperlukan pergeseran pada mouse, sedangkan jika anda menggunakan mouse trackball untuk memindahkan kursor atau pointer anda hanya perlu menggulirkan bola trackball dengan jari ke arah yang anda inginkan tanpa anda harus menggerakkan mousenya.

3. Mouse Serial

Mouse serial saat ini sudah sangat jarang digunakan, dulunya mouse ini digunakan pada komputer pentium I hingga pentium III. Pada mouse serial tidak terdapat scroll yang biasa kita gunakan untuk menggerakkan halaman ketika sedang mengetik. 

Menurut saya kenapa mouse serial ini sudah jarang digunakan, karena perbedaan portnya dengan port yang terdapat pada perangkat komputer, laptop atau notebook yang ada saat ini.

4. Mouse PS2

Jenis mouse ini tidak jauh berbeda dengan mouse yang banyak beredar di pasaran saat ini, hanya saja yang membedakanan terletak pada portnya biasanya port pada mouse ps2 ini berwarna hijau, mouse ini masih populer hingga sekarang.

Seperti pantauan saya di beberapa toko online, masih cukup banyak orang yang menjual mouse ps2. Apa bila anda ingin mencoba menggunakan mouse ps2 anda tidak perlu khawatir jika portnya tidak cocok dengan port pada perangkat yang anda gunakan.

Anda hanya membutuhkan port converter untuk dapat menggunakan mouse ps2 ini agar bisa digunakan pada perangkat yang anda pakai.

5. Mouse USB

Selanjutnya adalah mouse usb, pada dasarnya mouse ini tidak jauh berbeda dengan mouse ps2 hanya saja yang membedakan terletak pada port nya karena port pada mouse ini sudah model usb yang mana sangat cocok atau kompatibel jika digunakan pada perangkat komputer, laptop atau notebook.

6. Mouse Wireless


Sesuai seperti namanya mouse ini menggunakan jaringan wireless untuk terkoneksi pada perangkat komputer, harga dari mouse ini pun tergolong cukup mahal. Namun kelebihannya adalah mouse ini sangat mudah ketika dibawa kemanapun tanpa harus ribet menggulung kabel.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Pengertian Mouse dan Jenis-Jenisnya, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel