Cara Memperbaiki Performa Tablet Android yang Lemot

Hanif tekno-Tablet android Anda lemot? Kalau iya, Anda perlu memperbaiki performa tablet android agar kembali seperti saat baru dibeli. Tablet atau PC Tablet merupakan gawai yang fungsinya perpaduan antara komputer/laptop dengan telepon. Tablet mampu dipergunakan untuk akses internet, pengetikan, pengiriman dan penerima email dan berbagai hal lain yang dapat memudahkan pekerjaan manusia.

Cara Memperbaiki Performa Tablet Android yang Lemot


Sudah banyak orang yang mengalihkan pekerjaan mereka dari laptop ke tablet, alasannya karena alat elektronik satu ini ringan dan mudah dibawa ke mana-mana juga sangat mudah digunakan. Dengan kapasitas memori yang besar tablet memang memiliki kemampuan mumpuni untuk menggantikan fungsi laptop. Karena itu, jika kinerjanya lemot perlu segera dicari cara memperbaiki performa tablet android.

Penyebab Menurunnya Performa Tablet Android 

Seperti dikatakan sebelumnya bahwa tablet dapat berfungsi sebagai komputer, di mana Anda dapat mempergunakannya untuk melakukan tugas kantor seperti membuat surat maupun presentasi maupun membuat desain.

Tablet juga dapat berfungsi sebagai alat komunikasi, di mana tablet memiliki kemampuan untuk melakukan dan menerima panggilan juga mengirim SMS serta mengambil gambar.

Karena fungsinya beragam, seringkali tablet mengalami kendala performa. Kadang kinerjanya melambat bahkan tidak jarang mengalami crush. Hal ini bisa disebabkan oleh bermacam sebab, misalnya saja RAM yang telalu kecil atau memori yang penuh.

Tentunya hal ini akan menghambat pekerjaan Anda. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui cara memperbaiki performa tablet android agar tidak lemot lagi.

Cara Perbaiki Performa Tablet Android

Sebagai salah satu alat penunjang pekerjaan, tablet android Anda harus senantiasa dijaga performanya agar dapat memenuhi tuntutan pekerjaan Anda. Perawatan rutin perlu dilakukan, tapi bukan berarti Anda harus selalu membawa ke tukang service.

Jika hanya performa yang melambat alias lemot, Anda tidak memerlukan bantuan tukang service, karena bisa memperbaiki performa dari tablet android sendiri. Lain halnya jika yang rusak adalah hardware.

Memperbaiki performa tablet android ketika kinerjanya melambat bukanlah perkara sulit, yang Anda perlukan adalah mengetahui cara yang benar dalam melakukannya. Kebanyakan orang memang masih takut melakukan perbaikan sendiri, apalagi jika sampai melakukan ROOT (mengembalikan ke pengaturan pabrik). Nah, berikut ini akan diberikan beberapa cara untuk meningkatkan performa tablet yang bisa Anda lakukan sendiri:

1. Hapus aplikasi yang tidak digunakan, misalnya editor photo, pemutar musik tambahan, atau aplikasi lain yang tidak dipakai.

2. Pakai satu task killer saja karena lebih dari itu akan menambah proses di background lebih banyak.

3. Hapus Cache/tembolok aplikasi sehingga dapat mempercepat proses masuk aplikasi  dan mengurangi lambat karena keberadaan cache.

4. Jangan menggunakan widget terlalu banyak, gunakan seperlunya.

5. Jangan gunakan wallpaper animasi bergerak.

6. Gunakan keyboard asli tablet.

7. Bekukan aplikasi yang tidak digunakan.

Cara Merawat Bagian Luar Tablet Android

Selain memperbaiki performa software tablet android, Anda juga harus memerhatikan perangkat keras atau bagian luar gawai, seperti baterai, layar, dan sebagainya, karena bagian ini pun mendukung kelancaran kinerja tablet Anda.

Cara merawat bagian luar tablet agar awet ada beragam, adapun beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah berikut ini:

1. Cara pertama memperbaiki performa tablet android adalah dengan memastikan layar LCD selalu bersih. Segarkan layar dengan kain bersih atau alat pembersih lainnya.

2. Perhatikan pengecasan baterai, bila sudah penuh langsung cabut charger.

3. Gunakan anti gores untuk melindungi layar LCD.

4. Turn off tablet ketika melakukan pengisian ulang.

5. Ketika browsing atau mendownload gunakanlah browser resmi.

Setelah mengetahui hal-hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa tablet android, Anda bisa mulai mengaplikasikannya pada gawai Anda setiap hari. Caranya tidaklah sulit, hanya perlu memerhatikan langkah-langkahnya dengan benar sehingga dapat memperbaiki performa tablet android milik Anda sendiri tanpa perlu menggunakan jasa service, semoga tips yang diberikan dapat membantu Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel