Awas! Ini 3 Dampak Negatif Gadget Bagi Anak

Hanif tekno-Belakangan ini banyak orang tua yang mengabaikan dampak negatif gadget bagi anak mereka.  Mereka hanya berpikir yang terpenting anak-anak tidak rewel saat orang tua sedang disibukan oleh suatu pekerjaan. Sangat terlihat nyata memang hal semacam ini dilingkungan masyarakat, dimana anak kecil sudah banyak yang memiliki gadget sendiri. Sayangnya, mereka mengoperasikan gadget tersebut tidak dengan kontrol dari orang tua.

Dampak Negatif Gadget Bagi Anak


Bahkan gadget yang para anak kecil ini miliki, tidak jarang memiliki titel Smartphone atau ponsel pintar. Smartphone sendiri, memiliki banyak fitur yang biasanya menyebabkan anak-anak terjebak dalam kesalahan apabila tidak dikontrol oleh para orang tua. Smartphone memang memiliki sisi positif yang luar biasa, sebagai buah dari teknologi yang berkembang secara pesat di zaman modern saat ini.

Namun tetap saja, apa bila dioperasikan secara masif oleh anak-anak dan tanpa pengawasan dari orang tua bisa memiliki dampak negatif. Terlebih jika anak-anak bisa mengakses fitur yang tidak seharusnya mereka gunakan atau menonton konten yang seharusnya bukan untuk mereka, maka hal negatif sangat mudah untuk didapatkan.

Di bawah ini akan kami jelaskan 3 Dampak Negatif Gadget Bagi Anak:

Menjadi Seorang Anak Pemalas

Menjadi seorang anak pemalas merupakan dampak paling umum terjadi apa bila mereka terlalu bebas dalam bermain gadget. Hal ini memang banyak dikeluhkan oleh para orang tua yang anaknya menjadi pemalas karena terlalu sering bermain gadget. Mereka acap kali mengabaikan perintah dari orang tua jika sudah asyik bersama gadget yang berada di tangan.

Tidak dapat dipungkiri lagi memang menjadi seorang anak pemalas sangat mungkin terjadi pada zaman seperti sekarang ini ketika anak-anak terlalu bebas bermain gadget. Oleh sebab itu, Anda sebagai orang tua dituntut harus lebih memberi kontrol agar anak tidak terlalu sering bermain gadget. Selain menjadi pemalas, masih ada dampak negatif gadget bagi anak yang akan kami jelaskan pada pembahasan selanjutnya.

Menjadi Anak yang Apatis dengan Lingkungan Sekitar

Dampak negatif gadget bagi anak selanjutnya adalah menjadikan anak-anak apatis dengan lingkungan sekitar. Meskipun memiliki dampak positif yang luar biasa dengan hadirnya teknologi smartphone atau gadget di kehidupan masyarakat sekarang ini. Namun, masih memiliki dampak negatif lainnya yang secara langsung atau tidak langsung bisa menimpa anak Anda ketika dibiarkan memiliki kebebasan untuk bermain gadget.

Sikap apatis atau tidak peduli dengan lingkungan sekitar, memang sekarang menjadi masalah yang cukup pelik. Anak-anak lebih sering sibuk dengan gadget yang mereka miliki, ketimbang harus bergaul dan bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat disekitarnya. Memang banyak sekali fitur yang bisa membuat anak lebih tertarik bermain gadget dari pada harus bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Sebagai contoh, dengan adanya game online anak-anak akan teralihkan perhatiannya secara penuh ke game online yang sedang mereka mainkan. Sering terjadi, mereka tidak memedulikan lingkungan sekitar jika sudah bermain game online melalui gadget yang dimiliki. Hal ini tentu akan memberikan dampak negatif bagi anak yang seharusnya tidak terjadi, karena bisa berdampak negatif untuk masa depan mereka.

Mengganggu Kesehatan Anak

Dampak negatif paling buruk yang bisa terjadi karena anak-anak dibebaskan bermain gadget sejak kecil adalah dengan terganggunya kesehatan mereka. Terlalu sering bermain gadget, bisa mengakibatkan saraf motorik terganggu yang diakibatkan oleh radiasi dari yang terpancar dari gadget. Hal ini tentu menjadi salah satu dampak negatif gadget bagi anak yang harus Anda hindari, jika ingin anak-anak Anda memiliki kesehatan yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel