Amankah Tablet Android Dimainkan Anak-anak? Ini Jawabannya

Hanif tekno-Membelikan tablet android untuk anak kini menjadi trend di kalangan orangtua. Sebagian berpikir kalau ada uang mengapa tidak memberikan yang terbaik untuk anak. Pikiran seperti ini tidaklah salah, tapi harus pula dilihat apakah benar-benar perlu memberikan tablet bagi anak Anda atau tidak. Karena bisa jadi terlalu dini memberikan gawai kepada anak akan berpengaruh pada kesehatan fisik dan mentalnya.

Amankah Tablet Android Dimainkan Anak-anak? Ini Jawabannya

Sebenarnya, pemberian gawai kepada anak bukanlah sebuah keharusan, malah sebaiknya dihindari. Berdasarkan penelitian, anak-anak yang menghabiskan waktu lebih dari 30 menit di depan tablet berisiko mengalami nyeri leher dan sakit punggung. Jadi, banyak ahli kesehatan yang menyarankan pemberian tablet android untuk anak sebaiknya dihindari. Kalaupun Anda terpaksa melakukannya, batasilah penggunaannya.

Gadget untuk Anak

Memang tidak ada salahnya memperkenalkan dunia digital berupa tablet kepada anak, tapi Anda harus memerhatikan bermacam aspek sebelum melakukannya. Terutama adalah efek negatif yang mungkin ditimbulkan oleh gawai terhadap anak Anda. Akan lebih baik bagi anak-anak untuk bermain di luar ruangan dan berinteraksi dengan sekitar dari pada mengurung diri di rumah dan bermain gadget.

Jika Anda terpaksa memberikan tablet android untuk anak, pastikan memilih tablet yang aman, yang dilengkapi fitur perlindungan atau yang memiliki resolusi bagus agar tidak terlalu membahayakan mata anak Anda. Pun Anda harus membatasi penggunaannya, jangan sampai anak Anda menjadi ketergantungan dengan gadget sehingga melupakan hal lainnya. Ini akan memberikan efek negatif bagi anak Anda.

Usia yang Tepat Bagi Anak Bermain Tablet Android

Lebih dari 40% orangtua mengakui bahwa mereka menggunakan tablet untuk membuat anak mereka tenang dan senang untuk waktu yang lama. Umumnya mereka memberikan tablet pada anak berusia lima tahun ke bawah. Padahal akan lebih baik bagi anak-anak seumuran itu tidak bersentuhan dengan perangkat elektronik, karena disinyalir gadget dapat mengganggu kesehatan mereka.

Lalu di usia berapakah tablet cocok diberikan untuk anak? Sebaiknya, tablet diberikan pada anak yang sudah memasuki usia sekolah. Namun, penggunaannya pun tidak boleh terlalu lama, maksimal satu jam setiap hari. Setelah itu, anak dianjurkan bergerak. Berilah anak Anda ruang gerak, ajak bermain ke luar dan melakukan bermacam hal sehingga mereka tidak terpaku pada perangkat elektronik seperti tablet.

Beberapa orangtua berpendapat bahwa memberikan tablet android untuk anak dapat meningkatkan kecerdasan anak. Namun, belum ada studi yang memaparkan bukti jelas dari peningkatan prestasi akademik anak yang memakai tablet, malah bisa menjadikan anak pecandu internet. Nah, jika ini sudah terjadi akan sulit untuk memperbaiki perilaku anak Anda. Sebaiknya, batasi interaksi anak dengan gadget seminimal mungkin.

Pengawasan dari Orang tua

Memberikan tablet android untuk anak bukanlah sesuatu yang buruk, malah bisa menjadi sarana edukasi bagi anak, asalkan Anda tidak melepaskan pengawasan saat anak Anda menggunakan tablet. Pilah dan pilih permainan yang tersimpan di tablet, pastikan permainan yang Anda unduh sesuai dengan umur anak. Video maupun konten yang anak akses pun harus diawasi, jangan sampai anak mengakses konten negatif di internet.

Pemberian batasan waktu juga patut dilakukan untuk mengurangi dampak negatif tablet pada anak. Jika anak mulai mengeluhkan sakit leher dan punggung, Anda harus berhenti memberikan tabletuntuk anakdan bawalah anak Anda untuk pemeriksaan kesehatan sebagai tindakan pencegahan. Berusahalah bertindak tegas dengan memberikan aturan pada anak ketika menggunakan tablet android.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel