Teknologi Bermanfaat Ini Ternyata Hasil dari Kegagalan yang Hebat

haniftekno.com-Hingga kini banyak sekali teknologi bermanfaat yang berhasil diciptakan manusia. Sejatinya, teknologi memang diciptakan untuk meringankan pekerjaan manusia sehari-hari. Namun beberapa teknologi ini memiliki peran yang lebih besar untuk kelangsungan hidup manusia.

Contohnya, anestesi yang ditemukan Crawford Long, Wiliam Morton, dan Charles Jackson. Anestesi yang tidak sengaja mereka temukan sangat berguna bagi perkembangan dunia medis dan kini menjadi barang paling penting ketika melakukan prosedur pembedahan dan operasi.

Teknologi Bermanfaat


Terciptanya Teknologi Tidak Lepas dari Kegagalan


Menciptakan teknologi canggih seperti lampu, komputer, pesawat yang anda gunakan saat ini adalah suatu hal yang sulit, tidak bisa diselesaikan dalam sehari semalam. Mengembangkan suatu teknologi dibutuhkan waktu selama bertahun-tahun. Sebagai contoh kisah Thomas Alva Edison. Edison pernah mengalami kegagalan ratusan kali untuk bisa menemukan bola lampu. Baca juga: Cetak Pancake Sesuai Keinginan? Printer 3D Pancake Bisa Jadi Pilihan

Ada pepatah mengatakan, kegagalan adalah sukses yang tertunda. Namun, siapa sangka cerita kegagalan-kegagalan di bawah ini tanpa sengaja malah menciptakan teknologi bermanfaat. Sang pencipta sebenarnya ingin membuat suatu ciptaan A namun gagal dan malah membuat mereka menemukan ciptaan yang lain.

Perbaikan Teknologi yang Gagal


Kegagalan dalam melakukan percobaan adalah hal yang biasa. Sangat jarang orang berhasil dalam melakukan percobaan pertama. Tapi untuk menyerah dan terpuruk atau bangkit dan mencoba lagi adalah pilihan pribadi. Baca juga: Teknologi Internet dengan Kecepatan Cahaya Ini Bakal Geser Wifi

Teknologi yang tidak sengaja diciptakan para penemu berikut ini sebenarnya hanyalah permulaan saja. Teknologi bermanfaat yang mereka temukan itu dibuat atas hasil dari kegagalan percobaan mereka yang merka uji dan sempurna kan kembali. Hal itu agar teknologi ciptaan mereka dapat digunakan dan berguna bagi orang banyak.

5 Teknologi yang Bermanfaat Sehari-hari yang Ternyata Pernah Gagal


Berikut 5 penemuan yang pernah gagal namun menciptakan teknologi yang bermanfaat bagi manusia.

1. Microwave


Teknologi ini tanpa sengaja diciptaan oleh Percy Spencer yang iseng bermain dengan pemancar gelombamg mikro. Spencer diketahui adalah radar angkatan laut. Dia iseng bermain gelombang mikro karena dia ingin membekukan kembali coklatnya yang sudah meleleh. Bukannya beku, tapi malah alat itu bekerja sebaliknya.

2. Plastik


Pada awal 1900-an, seorang ahli kimia bernama Leo Hendrik Baekland, mencoba untuk bereksperimen menemukan pengganti lak. Lak atau shellac adalah bahan pilihan yang serbaguna, namun pada saat itu penggunaannya dilarang karena alasan kerusakan lingkungan. Dari eksperimennya, Baekland malah menemukan bahan yang mudah dibentuk saat dipanaskan pada suhu tinggi tanpa terdistorsi, yang kini disebut dengan plastik. Baca juga: Bersiaplah! Facebook akan Kembangkan Teknologi Masa Depan Ini

3. Rontgen


Pada tahun 1895, Wilhelm Roentgen melakukan percobaan menggunakan sinar katoda di sebuah ruangan yang penuh dengan kardus neon berlapisan yang cukup tebal. Saat sinar katoda dinyalakan, beberapa kardus terlihat menyala. Lalu, Roentgen menyadari bahwa sinar katoda dapat menembus bahan-bahan yang tebal. Berkat penemuan teknologi bermanfaat yang dia ciptakan itu, sinar katoda kini digunakan medis untuk melihat bagian tubuh manusia.

4. Dinamit


Teknologi selanjutnya adalah dinamit, bahan peledak yang sangat berbahaya. Temuan ini merupakan kesalahan yang dibuat Alfred Nobel saat mencoba menyempurnkan bahan yang tidak stabil bernama nitrogliserin. Alfred menemukan metode untuk menyimpan subtansi tersebut agar aman. Nobel juga mengembangkan formula agar ledakannya bisa diatur sesuai keinginan pengguna.

5. Anestesi


Anestesi adalah sistem yang digunakan untuk untuk membius pasien yang akan melakukan tindakan medis. Awalnya Crawford Long, Wiliam Morton, dan Charles Jackson, ialah praktisi medis yang membutuhkan cara menghilangkan rasa sakit saat akan melakukan tindak medis pada pasiennya.

Lalu mereka berekperimen denggan zat bernama eter dan nitrogen-oksida atau gas tertawa. Pada sutu hari ada pasien yang mengalami luka parah. Lalu diberikan gas itu kepadanya, dan anehnya pasien tersebut tidak merasakan sakit saat diberikan tindakan medis. Baca juga: Berkat Film Hollywood, Ini Dia 5 Penemuan Teknologi Canggih

Jika anda sedang mencoba bereskperimen dan gagal, jangan pernah menyerah. Siapa tau dari kegagalan anda, tanpa sengaja anda malah menciptakan sesuatu yang penting seperti penemu teknologi bermanfaat di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel